@thesis{thesis, author={MULYADI MULYADI and NUR PRATAMA AGUNG and QUDSIYAH KHOIRUL}, title ={EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SITUS SEJARAH MUSEUM SONG TERUS}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1574/}, abstract={Tujuan dari penelitian yang pertama yaitu untuk mencari konsep matematika yang terdapat pada situs sejarah di Museum Song Terus, kedua mencari potensi konsep matematika pada situs sejarah di Museum Song Terus yang dapat diintegrasikan terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif kualitatif. Penelitian kualitatif ini disebut sebagai penelitian yang artistik, karena pada kegiatan penelitian ini cenderung mendekat pada seni (kurang terpola), dan dikatakan sebagai metode interpretasi karena lebih menekankan kepada hasil data yang ditemukan di lapangan dengan pendekatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen Observasi dan Wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa terdapat konsep matematika pada situs sejarah Museum Song Terus. Adanya konsep matematika situs sejarah Museum Song Terus dapat dijadikan sebagai pembelajaran matematika. Artinya etnomatematika pada situs sejarah Museum Song Terus dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran matematika. Saat ini, model pembelajaran yang dapat diterapkan berupa kunjungan peserta didik di Museum Song Terus. Peserta didik mengeksplorasi situs sejarah di museum song terus nantinya akan dikaitkan pada materi pembelajaran. Penerapan konsep matematika pada situs sejarah Museum Song Terus antara lain konsep geometri ruang dan bidang, konsep pengukuran dan konsep kesebangunan. Kata Kunci: Etnomatematika, Museum Song Terus, Pembelajaran matematika} }