@thesis{thesis, author={DEFI LATIFAH KUMALLA}, title ={PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI KEBONAGUNG}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1583/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika, 2) Apakah terdapat pengaruh antara stres akademik terhadap hasil belajar matematika, 3) Apakah terdapat pengaruh antara habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 4) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan stres akademik terhadap hasil belajar matematika, 5) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 6) Apakah terdapat pengaruh antara stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika, 7) Apakah terdapat pengaruh antara disposisi matematis, stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Kebonangung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket disposisi matematis, angket stres akademik dan angket habits of mind serta tes hasil belajar matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows metode enter. Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas residual, uji multikolonieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,2%, 2) Terdapat pengaruh antara stres akademik terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,1%, 3) Terdapat pengaruh antara habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 10,1%, 4) Terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan stres akademik terhadap hasil belajar matematika sebesar 26,8%, 5) Terdapat pengaruh antara disposisi matematis dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 19,9%, 6) Terdapat pengaruh antara stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,9%, 7) terdapat pengaruh antara disposisi matematis, stres akademik dan habits of mind terhadap hasil belajar matematika sebesar 28%. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Stres Akademik, Habits of Mind, Hasil Belajar Matematika} }