@thesis{thesis, author={ISTANTI MELLY and MEIFIANI NELY INDRA and SUSANTO HARI PURNOMO}, title ={PENGARUH KECANDUAN PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1584/}, abstract={Gawai merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi tertentu. Penggunaan gawai pada siswa yang berlebih memiliki dampak pada hasil belajar karena konsentrasi belajar terganggu akibat penggunaan gawai yang berlebih. Tujuan dari penelitian ini yang adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kecanduan penggunaan gawai terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh kecanduan penggunaan gawai melalui konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Variabel yang digunakan adalah kecanduan penggunaan gawai, konsentrasi belajar, dan hasil belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Sudimoro dan SMK negeri Ngadirojo. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk variabel kecanduan penggunaan gawai, konsentrasi belajar dan dokumentasi untuk variabel hasil belajar matematika. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis data menujukan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung kecanduan penggunaan gawai terhadap hasil belajar matematika sebesar 46,6% dimana 53,47% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. 2) terdapat pengaruh kecanduan penggunaan gawai melalui konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika memiliki tidak langsung sebesar 35,9% dimana 64,1% dari faktor lainnya dan pengaruh total sebesar 82,5% dimana 17,5% berasal dari daktor lainnya. Kata Kunci: Kecanduan, Gawai, Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar Matematika} }