@thesis{thesis, author={MEIFIANI NELY INDRA and OKTAVIA TRI AJENG and SUSANTO HARI PURNOMO}, title ={ANALISIS SOAL LATIHAN BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI LITERASI MATEMATIKA}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1591/}, abstract={Buku teks matematika merupakan komponen penting dalam mendukung pembelajaran matematika. Soal dalam buku teks juga sangat penting dalam membangun kemampuan literasi matematika siswa. Analisis terhadap soal buku teks matematika kelas VII Kurikulum Merdeka sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi soal-soal latihan yang digunakan untuk pengembangan kemampuan literasi matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi keberagaman soal pada buku teks matematika kelas VII Kurikulum Merdeka ditinjau dari komponen literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis konten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 127 item soal yang dianalisis memiliki proporsi yang belum merata. Komponen konten didominasi konten Perubahan dan Hubungan sebesar 71,6%. Konten lain yaitu Ruang dan Bentuk sebesar 1,5%; Kuantitas sebesar 28,3%; dan tidak ditemukan konten Kepastian dan Data. Komponen Konteks didominasi konteks Personal 13,3%. Konteks lain seperti Occupational sebesar 2,4%; Societal sebesar 3,9%; dan Scientific sebesar 1,6%. Proporsi komponen proses merumuskan situasi matematis sebesar 30,7%; menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran sebesar 90,5%; proses menginterpretasikan mengimplikasikan, dan mengevaluasi luaran matematis sebesar 8,6%. Level kompetensi soal yang mendominasi adalah level 3 sebesar 56,6%. Sedangkan level 1 sebesar 18,1%; level 2 sebesar 10,2%; level 4 sebesar 3,9%; dan level 5 dan 6 sama sebesar 5,5%. Kata kunci: literasi matematika, buku teks, analisis konten} }