@thesis{thesis, author={APRIYANI DWI CAHYANI NUR and SUSANTO HARI PURNOMO and WINARNI WINARNI}, title ={PENGARUH GROWTH MINDSET TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA DITINJAU DARI GRIT}, year={2024}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1592/}, abstract={Growth mindset dan grit diketahui dapat mempengaruhi capaian akademik siswa. Salah satu kompetensi yang termuat dalam capaian akademik siswa adalah literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh growth mindset terhadap literasi numerasi siswa; 2) pengaruh grit terhadap literasi numerasi siswa; dan 3) pengaruh growth mindset dan grit terhadap literasi numerasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, variabel yang diamati adalah variabel growth mindset, variabel grit, dan variabel literasi numerasi. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu di SMKN Kebonagung dengan populasi seluruh siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan untuk instrumen pengumpulan data digunakan angket growth mindset, angket grit, dan tes literasi numerasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) pengaruh growth mindset terhadap literasi numerasi siswa sebesar 19,1% dan pengaruhnya bersifat positif pada level sedang; 2) pengaruh grit terhadap literasi numerasi siswa sebesar 19,2% dan sifat pengaruhnya positif pada level sedang; dan 3) pengaruh growth mindset dan grit terhadap literasi numerasi siswa sebesar 29,6% dan pengaruhnya memiliki arah yang positif pada level sedang. Kata Kunci: Grit, Growth Mindset, Literasi Numerasi} }