@thesis{thesis, author={PRATIWI WIDYA}, title ={HUBUNGAN ANTARA MODAL SOSIAL DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI NGADIROJO 2019/2020}, year={2020}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/226/}, abstract={ABSTRAK Widya Pratiwi. Hubungan Antara Modal Sosial dan Efikasi Diri dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri Ngadirojo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.Pacitan:STKIP PGRI Pacitan, 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan antara modal sosial dengan kemampuan pemahaman matematis siswa, 2) Hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan pemahaman matematis siswa, 3) Hubungan antara modal sosial dan efikasi diri dengan kemampuan pemahaman matematis siswa Penelitian ini merupakan penelitian kausal korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak satu kelas dengan jumlah 31 siswa, dikarenakan adanya musibah pandemi covid-19, sehingga penelitian menjadi terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah angket modal sosial, angket efikasi diri dan tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data menggunakan bantuan regresi dengan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan antara modal sosial dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo Tahun, 2) Terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo, 3) Tidak terdapat hubungan antara modal sosial dan efikasi diri dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X SMK Negeri Ngadirojo. Kata Kunci: Modal Sosial, Efikasi Diri, Kemampuan Pemahaman Matematis ABSTRACT Widya Pratiwi. The Correlation Between Social Capital and Self-Efficacy with the Mathematical Understanding Ability of Class X Students of State Vocational School Ngadirojo 2019/2020 Academic Year. S1-thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020 The purpose of this study was : 1) to find out the correlation between social capital and mathematical understanding abilities in student, 2) to find out the correlation between self-efficacy and mathematical understanding abilities in students, 3) to find out the correlation between social capital and self-efficacy with mathematical understanding abilities in students. This research is a causal corelation study with data collection techniques using questionnaires and tests. The sample in this study was class X students of Ngadirojo State Vocational School in 2019/2020 that is one class with 31 students, due to the co-19 pandemic disaster. The instruments used in the study were social capital questionnaire, self-efficacy questionnaire and mathematical understanding ability test. Data analysis techniques using regression assistance with SPSS 16.0 for windows. The analysis of prerequisite tests was normality test, multicollinearity test, heterokedasticity test, autocorrelation test linearity test and hypothesis test. The analysis showed that; 1) there is a correlation between social capital and mathematical understanding ability of students of class X of Ngadirojo State Vocational School in 2019/2020 Academic Year, 2) there is correlation between self-efficacy and mathematical understanding ability of class X students of Ngadirojo State Vocational School in 2019/2020 Academic Year, 3) there is no correlation between social capital and self-efficacy with the ability of mathematical understanding of students of class X State Vocational School Ngadirojo 2019/2020 Academic Keyword : Social capital, Self efficacy, Mathematic understanding abilty} }