@thesis{thesis, author={PRADITYA AJENG}, title ={Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik SD}, year={2020}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/228/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi visual peserta didik SD, (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi visual peserta didik SD, (3) Mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi visual peserta didik SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan oleh Brog and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono yaitu potensi dan masalah, pengumupulan data, desain media, validasi desain, revisi desain, dan uji coba desain. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Booktelah diuji efektfitasnya berdasarkan penilaian berikut; 1) Penilaian oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,42 dan 4,05 dengan kategori valid/baik; 2) Penilaian oleh ahli materi dengan skor rata-rata 4,33 dan 4,25 dengan kategori valid/baik; 3) Respon peserta didik dengan skor rata-rata 4 dengan kategori baik. Kata Kunci: Pop-Up Book, Kearifan Lokal, dan Literasi Visual} }