@thesis{thesis, author={ERMAWATI DENIS}, title ={Analisis Pemanfaatan Media Literasi Visual dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV SD Negeri Kendal}, year={2020}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/248/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterampilan bercerita pada siswa Kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) dampak dari pemanfaatan media literasi visual dalam menstimulasi keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 2 orang siswa kelas IV SD Negeri Kendal. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive smapling dengan berbagai pertimbangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan mengguankan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil tes bercerita siswa kelas IV menunjukkan hasil bahwa dari kedua siswa tersebut memilki keterampilan bercerita yang baik dengan pemanfaatan media literasi visual, hal ini dibuktikan dengan pemerolehan skor yang diatas nilai KKM yang telah ditetapkan. Hasil data tersebut sudah sesuai dengan aspek penilaian yang peneliti gunakan, yaitu diantaranya, (1) isi cerita, (2) pilihan kata, (3) ketepatan logika cerita, (4) ekspresi dan tingkah laku, (5) volume suara, (6) kelancaran. Hasil analisis data menyimpulkan: 1) Keterampilan bercerita siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diaktegorikan baik, 2) Pemanfaatan media literasi visual memberikan dampak yang psitif terhadap keterampilan bercerita siswa. Kata Kunci: Bercerita, pembelajaran bahasa indonesia, literasi visual} }