@thesis{thesis, author={NINGAM CHOIRUN}, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X TBSM 1 SMK PGRI 1 PACITAN TAHUN 2019/2020}, year={2020}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/263/}, abstract={ABSTRAK Choirun Ningam. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X TBSM 1 SMK PGRI 1 Pacitan Tahun 2019/2020. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2020. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada mata pelajaran sejarah kelas X TBSM 1 SMK PGRI 1 Pacitan, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) Untuk mengetahui hambatan dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw, dan 4) untuk mengetahui solusi dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Tahapan analisis data kualitatif yaitu reduction, data display, dan conslusion drawing/verification. Adapun subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini guru dan siswa X TBSM 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran kooperatif sudah diterapkan disesuaikan dengan materi yang dipelajari, 2) metode ini memberikan dampak yang positif bagi siswa yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) hambatannya adalah karakter siswa yang berbeda-beda dan membutuhkan waktu yang lebih lama, dan 4) solusi yang bisa diterapkan adalah pengelompokan berdasarkan kemampuan pengetahuan tentang sejarah. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, metode jigsaw, motivasi belajar.} }