@thesis{thesis, author={CAHYANI REGITA}, title ={IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 1 JATIGUNUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/292/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang implementasi gerakan literasi sekolah di SDN 1 Jatigunung tahun pelajaran 2019/2020; (2) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa melalui pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN 1 Jatigunung tahun pelajaran 2019/2020; (3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 1 guru, 33 siswa, dan 2 orang tua siswa SDN 1 Jatigunung. Subjek siswa dan orang tua dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan observasi pelaksanaan GLS, dan wawwancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SDN 1 Jatigunung baik. Guru sudah menerapkan 3 tahapan, yaitu: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran; 2) keterampilan membaca siswa khususnya kelas III 70% sudah lancar membaca. Melalui gerakan literasi sekolah, guru sudah mengajak siswanya untuk selalu membiasakan membaca. Dan untuk siswa yang masih mengalami kesulitan membaca, guru membuat program yaitu layanan lambat membaca; 3) hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah ini salah satunya adalah kurangnya persediaan koleksi buku yang ada diperpustakaan sehingga sekolah mengupayakan dengan cara menggunakan BOS untuk membantu menambah koleksi buku perpustakaan. KataKunci: Gerakan Literasi Sekolah, Keterampilan Membaca Pemahaman, Sekolah Dasar.} }