@thesis{thesis, author={MUNAWAROH AMY AZIZAH}, title ={Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/422/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir matematis siswa dengan kategori keaktifan belajar tinggi, kemampuan berpikir matematis siswa dengan kategori keaktifan belajar sedang, kemampuan berpikir matematis siswa dengan kategori keaktifan belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pacitan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan kategori keaktifan belajar tinggi memiliki kemampuan berpikir matematis lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang dan rendah meskipun tidak semua siswa memenuhi semua indikator. Kebanyakan siswa belum memenuhi indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan mengecek penyelesaian masalah. (2) Pada kategori keaktifan belajar sedang kebanyakan siswa mengalami kesalahan pada indikator menyusun rencana, melaksanakan, dan mengecek penyelesaian masalah. (3) Pada kategori keaktifan belajar rendah, siswa mampu memahami masalah, tetapi mengalami kesalahan saat menyusun rencana penyelesaian masalah. Pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan mengecek penyelesaian masalah tidak satupun siswa yang memenuhi indikator tersebut. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Matematis, Keaktifan Belajar, Pembelajaran daring} }