@thesis{thesis, author={PURWANTO ANDI}, title ={Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring Kelas V Di SDN 2 Tinatar Tahun Pembelajaran 2020/2021}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/423/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peran orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring kelas 5 di SDN 2 Tinatar tahun pelajaran 2020/2021. (2) motivasi belajar anak dengan adanya peran dari orang tua pada pembelajaran daring kelas 5 di SDN 2 Tinatar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tinatar dengan jumlah 20 siswa, 1 guru wali kelas V, dan terdapat 20 orang tua walid murid. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Keabsahan data menggunkan triangulasi sumber dan teknik dilanjutkan analisis data dengan menggunakan model Miles and Hubermen meliputi reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran orang tua dalam membimbing dan memberi motivasi tergolong tinggi yaitu memiliki kategori tinggi sebesar 65% , memiliki kategori sedang sebesar 25%, dan memiliki kategori rendah 10%.(2) motivasi belajar anak dengan adanya peran dari orang tua pada pembelajaran daring kelas V di SD Negeri 2 Tinatar mencapai 75 %, memiliki kategori sedang sebesar 15 %, dan memiliki kategori rendah sebesar 10%. Kata Kunci: Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran daring} }