@thesis{thesis, author={SETIAWAN MUHAMMAD ISNANTO HARI}, title ={Efektifitas Penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Mentoring Agama Islam di SMP IT AR-RAHMAH Pacitan}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/438/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mekanisme penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring di SMP IT AR-RAHMAH Pacitan. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring. (3) Mengetahui efektifitas penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 2 guru mentoring agama islam dan 55 siswa yang terdiri dari kelas 7C dan kelas 7D. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa ada 3 perolehan data dari penelitian di lapangan, antara lain: (1) Mekanisme penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMP IT AR-RAHMAH sudah baik terhadap pemanfaatan media, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal jika hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Classroom hal ini dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara. (2) Terdapat kendala-kendala dalam penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring antara lain jaringan serta respon siswa yang terkadang kurang aktif dalam menangggapi saat pembelajaran daring dirumah. (3) Keefektifan dari penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam setelah dilaksanakan penelitian, penulis menyimpulkan dari hasil analisis data penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam masih kurang efektif karena belum memenuhi 2 (dua) poin kriteria dari efektifitas sebab masih ada beberapa kendala yang menyebabkan pemahaman materi kepada siswa belum dapat tersampaikan dengan baik. Kata Kunci: Efektifitas, Whatsapp, Google Classroom} }