@thesis{thesis, author={ANGGRAINI NOVITA}, title ={Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Mentoro Tahun Pelajaran 2020/2021}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/441/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan uraian penggunaan media cerita bergambar pada siswa kelas IV SDN Mentoro tahun pelajaran 2020/2021, menghasilkan deskripsi nilai keterampilan membaca pemahaman setelah menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas IV SDN Mentoro tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena peneliti hanya menganalisis dan menyajikan suatu fakta yang kemudian dikemas menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IV SDN Mentoro Pacitan. Teknik Pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan cerita bergambar siswa kelas IV SDN Mentoro, guru melaksanakan kegiatan pembuka, berdoa, apersepsi, kegiatan inti, dan penutup. Penggunaan media cerita bergambar tidak digunakan setiap jam pembelajaran. (2). Hasil pembelajaran menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas IV SDN Mentoro belum sepenuhnya berhasil karena hal ini dapat dilihat dari nilai hasil tes dan rendahnya minat baca siswa. Kata Kunci: Media Cerita Bergambar, Siswa, Membaca Pemahaman.} }