@thesis{thesis, author={WAHYUNI TRI}, title ={PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DINI DI DUSUN KRAJAN DESA LOSARI TULAKAN}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/512/}, abstract={Penelitan ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemerolehan bahasa bidang kalimat anak usia dini di Dusun Krajan Desa Losari Tulakan. (2) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemerolehan bahasa bidang kalimat anak usia dini di Dusun Krajan Desa Losari Tulakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah anak usia 4 tahun dengan jumlah 9 anak terdiri dari 5 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik penyediaan data yakni dengan teknik simak, rekam dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini adalah pemerolehan bahasa anak bidang kalimat dan faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia 4 tahun sudah menghasilkan bentuk-bentuk kalimat. Kalimat deklaratif terdapat 18 ujaran. Kalimat interogatif terdapat 9 ujaran. Kalimat imperatif terdapat 13 ujaran dan kalimat interjektif terdapat 2 ujaran. Terdapat juga faktor yang mempengaruhi yaitu terdapat faktor jenis kelamin dan faktor status sosial ekonomi dan keluarga. Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Anak, Kalimat. ABSTRACT The research aims: 1) to know early childhood language acquisition on sentence in Krajan hamlet, Losari village, Tulakan; 2) to describe the forms of early childhood language acquisition on sentence in Krajan hamlet Losari Tulakan Village. The research is qualitative. The research subject is children 4-9 years old who consist of five males and four females. The technique of providing data is by listening, recording, and note-taking techniques. The data analysis technique uses the equivalent method. The research result is answering how early childhood language acquisition on sentences and what the factors influenced it. The research shows that children aged 4 years already use the form of 18 utterances in declarative sentences, 9 utterances in interrogative sentences, 13 utterances in imperative sentences, and 2 utterances in interjective sentences. Then, the factors influenced consist of gender factor, social economy, and family factor. Keywords: child, language, sentence.} }