@thesis{thesis, author={CAHYONO AGUS ADI}, title ={Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring berbasis Grup WhatsApp pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMKN Kebonagung}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/520/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMKN Kebonagung dengan media pembelajaran yang digunakan adalah grup WhatsApp. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannnya adalah 34 peserta didik di kelas X Multimedia 2 di SMKN Kebonagung. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner dan wawancara. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran daring mengggunakan media grup WhatsApp pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMKN Kebonagung ditinjau dari indikator-indikator penunjangnya termasuk dalam kategori tidak efektif. Faktor pendukung dalam pembelajaran daring berbasis grup WhatsApp diantaranya adalah media pembelajaran yang efektif, ketersediaan perangkat pembelajaran, adanya fasilitas akses internet, terdapat media pembelajaran pendukung, dan kemudahan referensi dalam sistem pembelajaran daring. Adapun faktor penghambat diantaranya adalah pembelajaran yang minim praktikum, keterbatasan infrastruktur komunikasi, dan adanya keterbatasan mengakses perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, WhatsApp} }