@thesis{thesis, author={PRADANA YULIAR ABDI}, title ={ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI STUDI KASUS PAUD PERMATA IBU JATIREJO}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/561/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan gadget (aplikasi, itensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak usia dini di PAUD Permata Ibu. (2) Bagaimana dampak positif dan negatif yang ditimbulkan anak setelah mengenal gadget pada anak usia dini di PAUD Permata Ibu Jatirejo. Penelitian ini merupakan penelitaian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya yang tidak diperoleh dari prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini ditunjukkan pada 1 guru, 16 anak dan 16 orang tua anak tersebut. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan gadet pada anak usia dini di PAUD Permata Ibu Jatirejo hanya untuk bermain game dan menonton video di YouTube sedangkan lainya sedikit yang dipakai untuk media pembelajaran dan itensitas serta durasi pemakaian beragam tergantung dari pengawasan dan kontrol orang tua. (2) Penggunaan gadget pada anak usia dini di PAUD Permata Ibu Jatirejo memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya anak lebih bisa kreatif dan kecerdasan otak anak juga akan lebih berfikir aktif dan kreatif. Dampak negatif kemampuan interaktif anak berkurang lebih mendahulukan bermain game dari pada tugas yang lain. Kata Kunci: Dampak, Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini. ABSTRACT The purposes of this study: (1) to find out how to use gadgets (application, intensity, and using duration) in early childhood in PAUD Permata Ibu; (2) to determine what the children?s positive and negative impacts after recognizing gadget in their early childhood at PAUD Permata Ibu Jatirejo. This research is qualitative. Qualitative research is a type of research whose findings are not obtained from statistical procedures or other forms of calculation. This study addressed a teacher, 16 children, and 16 children?s parents. The data collection method was obtained from observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that: (1) The use of gadgets in early childhood at PAUD Permata Ibu Jatirejo is only for playing games and watching videos on YouTube, while others are slightly used for learning media, the intensity and using duration varies depending on parental supervision and control: (2) The use of the gadget in early childhood at PAUD Permata Ibu Jatirejo has both positive and negative impacts. The positive impact is that children can be more creative and their brain intelligence also will be more active and creative. The negative impact of children's interactive abilities is reduced by prioritizing playing games over other tasks. Keywords: Impact, Gadget Use, Early Childhood.} }