@thesis{thesis, author={ANDRIYANI DIAN}, title ={Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Arjowinangun}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/570/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Arjowinangun; (2) Mengetahui hasil pengembangan media gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Arjowinangun; (3) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Arjowinangun setelah menggunakan media pop-up book hasil pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D S. Thiagarajan (1974). Langkah-langkah yang dilakukan dalam model pengembangan meliputi (a) Pendefinisian, (b) Perancangan, (c) Pengembangan, (d) Penyebaran. Produk media pengembangan diuji cobakan dalam uji coba kelompok kecil kepada 4 siswa kelas IV SDN Arjowinangun, dengan mengambil materi dari buku tema subtema 3. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta respon siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Media pembelajaran pop-up book telah di uji keefektifannya berdasarkan penilaian berikut; (1) Penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 4,14 dengan kategori valid/baik; (2) Penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,18 dengan kategori valid/baik. (3) dan penilaian hasil keterampilan berbicara siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 81,7 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 79. Kata Kunci: Pop-Up Book, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik} }