@thesis{thesis, author={PRASTYO DWI GANJUR BANGUN}, title ={Analisis Pembelajaran Membaca Puisi melalui Metode Demonstrasi bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pacitan}, year={2021}, url={https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/573/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanakan pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran demonstrasi diterapkan pada pembelajaran membaca puisi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pacitan yang merupakan informan utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dan tervalidasi dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif untuk mengetahui secara mendalam kemampuan membaca puisi peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pacitan melalui triangulasi data yaitu membandingkan data-data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode demonstrasi memberikan kontribusi bagi tercapainya kemampuan peserta didik dilihat dari aspek vokal, penghayatan, dan intonasi. Kelebihan metode demonstrasi sebagai langkah pelaksanaan pembelajaran membaca puisi bagi guru sangat dimudahkan karena proses pelaksanaannya dengan memberikan peragaan secara nyata. Hal ini memudahkan di dalam menyampaikan tentang komponen apa saja yang harus ditampilkan dalam kegiatan membaca puisi. Bagi peserta didik sendiri, menjadikan peserta didik lebih percaya diri karena sudah mengetahui secara nyata tentang membaca puisi dengan vokal, intonasi, dan pengahayatan yang baik dan tinggal menirunya. Sedangkan kekurangan yang ditemukan peneliti tidak samanya keadaan peserta didik yaitu keterbatasan alat pembelajaran. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Membaca Puisi} }