@thesis{thesis, author={Febriyani Widiyantita}, title ={Program Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Konflik antar Siswa Kelas VIII SMP Negeri V Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014.}, year={2014}, url={https://repository.stkippgrisumenep.ac.id/84/}, abstract={ABSTRAK Program Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Konflik antar Siswa Kelas VIII SMP Negeri V Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014. Febriyani Widiyantita Kata Kunci : Program Bimbingan Konseling dan Konflik antar Siswa Penyusunan rancangan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan dan konseling dalam mengatasi konflik antar siswa kelas VIII SMP Negeri V Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014 Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif (Research) dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data utama dari penelitian ini adalah guru SMP Negeri V Sumenep. Adapun jumlah yang diambil dalam penelitian ini disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang menyangkut dengan kedalaman dan ketajaman terhadap persoalan. Sedangkan sumber data tambahan adalah data yang diperoleh dari kajian dokumenter dan hasil pengamatan berperan serta. Berdasarkan hasil pembahasan yang sudah dijabarkan pada bab sebelumnya dan sesuai dengan rumusan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa program bimbingan dan konseling dalam mengatasi konflik antar siswa kelas VIII SMP Negeri V Sumenep Tahun Pelajaran 2013-2014 adalah dengan memenuhi hal-hal yang menjadi kebutuhan siswa untuk memahami secara khusus tentang dirinya. layanan ini bersifat individual karena didasarkan atas perencanaan masing-masing individu persiswa. Materi layanan perencanaan individual berkaitan erat dengan pengembangan aspek akademik meliputi melakukan pemilihan pendidikan lanjutan, memahami nilai belajar. Aspek karir meliputi mengekslorasi peluang karir, memahami kebutuhan kebiasaan bekerja yang positip. Dan aspek sosial pribadi meliputi pengembangan konsep diri yang positip, dan pengembangan ketrampilan sosial dalam memecahkan masalah yang efektif.} }