@thesis{thesis, author={Alfiano Johansfrans}, title ={STUDI POTENSI E-SPORTS TOURISM MENGGUNAKAN METODE ANALISIS TRIPLE BOTTOM LINE}, year={2021}, url={http://repository.stp-bandung.ac.id/1195/}, abstract={Penelitian ini membahas tentang potensi industri olahraga elektronik di sektor pariwisata khususnya di perkotaan di Indonesia. Dalam hal ini, potensi yang dimaksud meliputi potensi komponen produk dalam ekosistem industri event olahraga elektronik, serta potensi model industri dalam aspek keberlanjutan. Dalam menguraikan komponen ekosistem industri olahraga elektronik, penulis menggunakan konsep ?E-sport event dalam paradigma pariwisata? Dilek (2019) dan ?Konsep triple bottom line? Elkington (1998) yang membahas tentang potensi keberlanjutan suatu industri berdasarkan 3 agenda utama, yaitu agenda sosial, ekonomi dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sebaran partisipannya adalah seluruh wisatawan dari event olahraga elektronik di perkotaan di Indonesia. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan saat ini industri olahraga elektronik berkembang pesat di Indonesia dan dunia, industri ini juga mengindikasikan pengaruh positif terhadap pembangunan lingkup sosial, ekonomi dan sumber daya alam di sekitar lingkungan industri beroperasi, sehingga berpotensi menjadi sumber daya pariwisata yang berkelanjutan kedepannya. Kata Kunci: E-sports dalam ranah kepariwisataan, potensi E-sports, potensi sumber daya pariwisata berkelanjutan} }