@thesis{thesis, author={Muhammad Irfan Hanafi}, title ={KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI SAUNG ANGKLUNG UDJO}, year={2020}, url={http://repository.stp-bandung.ac.id/166/}, abstract={Saat ini salah satu sektor pembangunan yang sedang berkembang pesat di Indonesia adalah Pariwisata. Salah satu tempat yang masih melestarikan wisata budaya adalah Saung Angklung Udjo. Wisata budaya yang masih dilestarikan di Saung Angklung Udjo adalah Angklung. Penelitian ini akan memberikan masukan kepada pemandu wisata lokal di Saung Angklung Udjo terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Masukan yang dapat dihasilkan dari kualitas pelayanan ini berkaitan dengan lima penilaian, yaitu professional competence, interpersonal skills, oragnizational skill, emphaty dan problem solving (Huang et al., 2010: 5). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu; 1) terdapat kekurangan dari segi professional competence yakni ketidaktegasannya dalam penyampaian peraturan; 2) responden menyatakan setuju dari segi interpersonal skills pemandu mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti; 3) Responden sangat setuju bahwa organizational skills yang dimiliki oleh pemandu menjadi nilai terbaik di dalam penelitian ini; 4) Emphaty yang dimiliki oleh pemandu harus ditingkatkan lagi terutama dalam hal berinisiatif membantu wisatawan; 5) segi problem solving yang dinilai oleh wisatawan merupakan salah satu nilai terbaik yang didapatkan oleh pemandu Saung Angklung Udjo. Rekomendasi yang diberikan adalah meningkatkan kemampuan profesional pemandu khususnya menambahkan teknik persuasif dalam penyampaiannya; segi emphaty pemandu harus belajar untuk mendengarkan orang lain dan bersikap membuka diri terhadap komunikasi; adapun masalah fasilitas ? fasilitas yang harus diperbaiki adalah tempat penitipan barang bawaan wisatawan yang belum ada di Saung Angklung Udjo dan papan ? papan informasi larangan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Masukan, Professional Competence, Interpersonal Skills, Organizational Skills, Emphaty, Problem Solving, persuasif, fasilitas ? fasilitas} }