@thesis{thesis, author={Adrianus Andrew}, title ={PENGEMBANGAN PAKET WISATA DI TRAVEL AGENT JOGJA CAMPER VAN}, year={2021}, url={http://repository.stp-bandung.ac.id/686/}, abstract={Jogja Camper Van adalah salah satu produk wisata minat khusus yang memiliki potensi besar di bidang wisata minat khusus. Namun, adanya kondisi pandemi COVID- 19 ini membuat Jogja Camper Van belum dapat memaksimalkan potensinya. Paket yang ditawarkan oleh Jogja Camper Van dapat dimaksimalkan melalui pengembangan paket wisata dengan melihat empat unsur utama yang sebaiknya dimiliki oleh paket wisata baik domestik maupun internasional. Unsur-unsur tersebut dikenal dengan 4 A?s yaitu attraction, access, amenities, dan ancillaries. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengembangkan paket wisata Jogja Camper Van agar mampu bertahan dan meningkatkan penjualan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masing-masing satu perwakilan dari Travel Agent Piknik Beda, Jogja Camper Van, dan pemandu wisata Jogja Camper Van. Penelitian ini dilaksanakan di Kaliurang, Sleman, DIY, sebagai lokasi Jogja Camper Van. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan infomran, observasi non partisipasi, dan studi dokumentasi. Data dalam penlitian ini dianalisa secara berkelanjutan dari awal hingga akhir penelitian menggunakan metode Sugiyono (2012) yang terdiri atas tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh penulis, dapat diketahui bahwa masih terdapat komponen-komponen dari unsur attraction, access, amenities, dan ancillaries yang memerlukan perbaikan dari Travel Agent Jogja Camper Van dengan dukungan dari pemerintah daerah, dan pengelola wisata terkait, dalam usaha mempertahankan serta meningkatkan penjualan paket wisata yang dikelola Jogja Camper Van pada masa pandemi COVID-19. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah dengan melakukan perbaikan serta penambahan komponen-komponen dalam keempat unsur paket wisata oleh pihak Travel Agent Jogja Camper Van dengan dukungan pemerintah daerah dan pengelola wisata. Kata kunci : Pengembangan paket wisata, paket wisata minat khusus, campervan, Yogyakarta, Jogja Camper Van} }