@thesis{thesis, author={Oktarina Rani}, title ={PENERAPAN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN PENJUALAN PADA PT CIPTA NIAGA SEMESTA}, year={2017}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/1114/}, abstract={Pesatnya perkembangan teknologi komputer, merupakan hal yang sangatpenting dan sangat bermanfaat. Salah satu teknologi komputer yang berkembangadalah teknologi internet, dalam upaya pengelolaan hubungan yang baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan, perusahaan menggunakan Customer Relationship Management (CRM). Kegiatan-kegiatan ini perlu dikontribusikan secara efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat melaksanakan program pemasaran.Berkaitan dengan uraian diatas maka penulis menentukan objek penelitian pada PT Cipta Niaga Semesta, yang bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan maka perusahaan perlu melakukan program pemasaran dengan menerapkan strategi customer relationship manajemenuntuk membantu pemasaran. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah pada penelitian ini adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall serta perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language): Usecase Diagram,Activity Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram, sedangkan untuk bahasa pemrograman menggunakan PHP, dan androiddan MySQL sebagai database. Adanya sistem inFormasi membangun Customer Relationship Management pada PTCipta Niaga Semesta dapat memudahkan sales untuk mengInputkan data penjualan yang dilakukan toko serta memudahkan dalam pencatatan data penjualan makanan dan minuman karena sistem sudah menggunakan aplikasi berbasis android yang databasenya terpusat dalam online sehingga bisa diakses oleh admin yang berada dikantor pusat.} }