@thesis{thesis, author={Sari Dewi Permana}, title ={PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KONSUMEN (STUDI KASUS: CV 3 PILAR+ BANDAR LAMPUNG)}, year={2017}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/1118/}, abstract={Cv 3 Pilar+ adalah salah satu perusahaan distributor makanan dan minuman produk mayora dan unilever. Sistem penjualan barang pada perusahaan tersebut masih mengunakan pencatatan pada nota sehingga pelayanan yang diberikan kepada customer kurang efektif maka dari itu penulis mengusulkan aplikasi penjualan untuk sales yang ada di perusahaan tersebut, agar memudahkan bagian sales dalam melakukan penjualan kepada customer. Untuk memecahkan masalah tersebut dibutuhkan suatu solusi yang paling efektif ialah sistem informasi yang menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). Dalam pembangunan aplikasi ini menggunakan metode waterfal. Untuk metode aliran data menggunakan Usacase Diagram, Activity Diagram. Konsep yang digunakan ialah Customer Relationship Management (CRM) untuk membina hubungan antara perusahaan dan customer. Dengan dibangunnya sistem informasi berbasis web dan aplikasi yang menerapkan konsep CRM ini bertujuan untuk membangun proses penjualan kepada konsumen dengan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan mempermudah dalam proses pemesanan sehingga informasi mengenai pelayanan dan penjualan tersampaikan dengan baik kepada perusahaan maupun pelanggan.} }