@thesis{thesis, author={Erliyana -}, title ={RANCANG BANGUN MARKETPLACE UNTUK PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK UMKM DESA SINDANGSARI}, year={2023}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/5482/}, abstract={Akselerasi digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM. Selain menghemat biaya pemasaran dan Penjualan, program digitalisasi ini juga dapat membantu menyebarkan informasi pemasaran yang sebelumnya hanya ruanglingkup Penjualan daerah tertentu kini dapat menembus luar daerah. UMKM pada desa Sindangsari masih melakukan kegiatan perdagangan secara tradisional dimana pemasaran tidak meluas dan tidak mengalami perkembangan dengan baik, terlebih lagi dampak Covid-19 yang sangat membuat UMKM di desa ini mengalami penurunan yang signifikan secara ekonomi. Sebagai upaya pemberdayaan UMKM dengan salah satu caranya ialah digitalisasi UMKM, dimana sistem pemasaran ditingkatkan menjadi marketplace. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah membangun media marketplace pada UMKM di desa Sindangsari sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pemasaran dan penjualan produk. Pada penelitian ini menggunakan Prototyping sebagai metode pengembangan. Berdasarkan hasil Pengujian sistem dilakukan menggunakan ISO 25010 dan didapat hasil pengujian aspek Functionality sebesar 100% dan Aspek Usability sebesar 86.8% yang dapat disimpulkan bahwa sistem telah mencapai skala ?Baik? dan ?Sangat Layak?. Kata kunci : UMKM, Marketplace, Prototype, ISO 25010} }