@thesis{thesis, author={EXANDION -}, title ={RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN GUNUNG BERAPI AKTIF DI INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMP BERBASIS ANDROID}, year={2023}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/5501/}, abstract={Teknologi di Indonesia saat ini sudah berkembang dengan pesat, hal ini ditandai dengan tingginya penggunaan teknologi di kehidupan sehari ? hari, salah satunya dalam bidang Pendidikan. Namun dibalik berkembang nya bidang teknologi tersebut, para guru masih menggunakan sistem pembelajaran dengan metode yang lama, hal itu mempengaruhi kualitas belajar mengajar antara siswa dan guru disekolah ,maka dari itu para guru harus memberikan media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa/i lebih bersemangat saat belajar disekolah, maka muncul lah gagasan pembuatan game edukasi yang berdasarkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Gunung Berapi Indonesia. Dalam penelitian ini proses pengembangan game edukasi menggunakan metode GDLC ( Game Development Life Cycle ) dimana penulis membuat game berbasis android dengan menggunakan Game Engine Construct 2 dan dengan pengujian menggunakan aspek Usability ISO 9126 mendapat nilai presentase rata ? rata.} }