@thesis{thesis, author={MARSELINA SEVIE}, title ={PENGEMBANGAN SISTEM PEMASARAN PRODUK UMKM SEMBAKO}, year={2023}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/5654/}, abstract={UMKM adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh orang perorangan atau kelompok yang bertujuan untuk mensejahterakan individu maupun kelompoknya, beberapa UMKM Sembako di Bandar lampung, banyak yang melakukan promosi atau pemasaran produk menggunakan banner dan media social seperti whatsapp. Mengenai pemasran informasi di whatsapp dan banner yang di terapkan pun kurang lengkap hanya sebatas informasi sekilas mengenai produk yang dijual. Metode pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming, dan perancangan sistem menggunakan UML. Implementasi sistem ini menggunakan PHP dan MySQL sebagai database, serta pengujian sistem menggunakan ISO 25010. Hasil yang dicapai yaitu pengembangan sistem pemasaran metode penta helix untuk digitalisasi produk sembako dalam meningkatkan pemasaran produk. Hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 15 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 91.51%. Kata Kunci: Sistem, Pemasaran, Produk, Penta Helix, Extreme Programming dan PHP} }