@thesis{thesis, author={DEWI ADELLA ESIKA}, title ={RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN ALPHABET UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: PAUD KB HIDAYATUSHIBYAN BATANGHARI)}, year={2023}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/5655/}, abstract={Game edukasi sangat berpotensi tinggi dalam meningkatkan motivasi pada proses pembelajaran. Pada kenyataannya setelah melakukan observasi kepada guru PAUD KB Hidayatushibyan Desa Batanghari, terkadang anak merasa bosan dalam proses pengenalanan alphabet, mengenai pengenalan huruf alphabet dengan cara bernyanyi dan menggunakan media kartu dengan bentuk huruf alphabet. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang diharapkan dapat membantu guru PAUD KB Hidayatushibyan dalam proses kegiatan belajar khususnya untuk mengenal alphabet. Oleh karena itu penelitian ini akan berfokus tentang pembuatan media pembelajaran game edukasi untuk usia anak dini. Peneliti membangun aplikasi game pengenalan alphabet menggunakan Construct 2 yang merupakan tools pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2 dimensi, pengembangan sistem menggunakan metode (Game Development Life Cycle GDLC). Sistem ini akan diuji menggunakan ISO 25010. Hasil pengujian ISO 25010 dengan diuji oleh 20 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 79.07%. Kata Kunci: Aplikasi, Game Edukasi, GDLC, Construct 2, ISO 25010} }