@thesis{thesis, author={Septian Bahari Rahmad}, title ={IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM TUNTUNAN GERAKAN SALAT BERBASIS ANDROID (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak Islam Prajamuda)}, year={2018}, url={http://repository.teknokrat.ac.id/646/}, abstract={Salat merupakan suatu syari'at yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, salat juga adalah sarana seorang muslim untuk mendekatkan diri kepada Rabb-nya. Pengenalan cara salat yang baik dan benar kepada anak-anak dianggap perlu, namun pengenalan gerakan salat yang dilakukan di TK Islam Praja Muda masih menggunakan alat peraga berupa gambar dan figura yang tidak detail sehingga anak-anak cenderung cepat merasa bosan dan kurang tertarik karna kurangnya interaktifitas dari alat peraga yang ada. Oleh karena itu, diperlukan alat peraga edukatif dengan bantuan teknologi berbasis multimedia yang lebih interaktif. Teknologi di bidang multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR), Penggunaan teknologi AR dalam media edukasi diharapkan dapat lebih menarik perhatian anak-anak. Metodologi pengembangan aplikasi ini menggunakan Lutther yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept (pengonsepan), design (pembuatan desain), material collecting (pengumpulan material), assembly (pembuatan program), testing (pengujian) dan distribution (distribusi). Hasil pengujian aplikasi menggunakan ISO 9126 yang menggunakan empat aspek variabel yaitu functionality, usability, portability dan efficiency. Hasil pengujian aspek functionality dengan persentase 100%, berarti sangat baik, usability oleh 7 orang responden diperoleh nilai persentase 87,86%, yang berarti sangat baik, portability aplikasi dapat berjalan pada empat sistem operasi Android versi Kitkat, Lolipop, Marshmallow, Nougat dan efficiency dengan Bitbar menunjukkan penggunaan RAM maksimum kurang dari 190 Mb dan penggunaan CPU maksimum oleh aplikasi kurang dari 30%.} }