@thesis{thesis, author={HELMI ANUGRAH ILAHI }, title ={PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN VALUE PROPPOSITION DESIGN (VPD): STUDI KASUS PADA UKM LAUNDRIANA}, year={2020}, url={}, abstract={# ABSTRAK Maraknya persaingan menjadikan Laundriana berdiri. Laundriana merupakan UKM jasa _laundry_ wanita dengan teknologi Line _chat bot_ dan _tracking_ pertama di Indonesia. Permasalahan yang kemudian muncul ketika memasuki bulan ke enam berjalan, Laundriana belum bisa mencapai target pendapatan yang diharapkan dan penurunan user yang menggunakan akun Line Laundriana. Penelitian ini bertujuan untuk meindentifikasi masalah yang terjadi di Laundriana dengan _value proposition design_ yaknimencari _value map_ yang tawarkan Laundriana dengan _customer profile_ Laundriana dan jasa _laundry_ lain untuk menghasilkan _value proposition_ baru Laundriana. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggali informasi melalui wawancara kepada asisten manajer Laundriana, 5 konsumen Laundriana dan 5 konsumen jasa _laundry_ lain, dibantu dengan _affinity diagram_ dan _action priority matrix_. Selanjutnya, pengumpulan data sekunder bersumber dari artikel, penelitian terdahulu, buku?buku, dan jurnal referensi yang terkait. Hasil pnelitian menyebutkan bahwa pengguna Laundriana merasakan _pain_ yang lebih banyak dari pada _pain_ yang dimiliki pengguna jasa _laundry_ lain. Sementara Laundriana mendapatkan apresiasi dalam _gain_ dibanding jasa _laundry_ lain. **Kata Kunci: Laundriana**** , **** Value Proposition Design, Action Priority Matrix**} }