@thesis{thesis, author={ALYA HIFZA }, title ={Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Program Cashback Gopay dengan Model Modifikasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2}, year={2020}, url={}, abstract={Teknologi selalu menawarkan banyak kemudahan serta inovasi baru bagi manusia dalam menjalani kehidupan yang lebih efektif dan efisien. Adanya perkembangan teknologi ini mempengaruhi perilaku masyarakat dalam kegiatan bertransaksi. Salah satu layanan fintech yang bergeser menjadi bagian dari gaya hidup saat ini yaitu pembayaran melalui uang elektronik seperti Gopay. Berdasarkan hasil pra survey, pengguna pada awalnya berniat untuk menggunakan Gopay karena adanya promo cashback sehingga menarik para pengguna untuk terus menggunakan Gopay. Untuk itu perlu diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna Gopay dalam penggunaan program cashback. Pendekatan yang diambil untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) yang telah dimodifikasi dalam penelitian oleh Christino et al. (2019). Faktor-faktor yang diteliti dalam model modifikasi UTAUT 2 ini yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, habit, ease of use, personal capacity, perceived risk dan behavioral aspects yang dihubungkan terhadap intention to use. Selanjutnya facilitating conditions, habit, behavioral aspects dan intention to use yang dihubungkan terhadap Use Behavior. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Populasi peelitian ini adalah pengguna Gopay dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Ease of Use dan Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use. Sedangkan Intention to Use dan Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat untuk menggunakan program cashback dipengaruhi oleh faktor-faktor tingkat kemudahan dalam menggunakan program cashback Gopay dan tingkat kebiasaan untuk menggunakan program cashback Gopay. Lalu, penggunaan program cashback dipengaruhi oleh faktor-faktor niat untuk menggunakan program cashback Gopay dan tingkat kebiasaan untuk menggunakan program cashback Gopay. Kata Kunci: Uang Elektronik, program cashback, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)} }