@thesis{thesis, author={DEWINTA SRINANDA }, title ={ANALISIS PROMOSI PENJUALAN GOPAY DENGAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS DI MEDIA SOSIAL TWITTER}, year={2020}, url={}, abstract={Penelitian ini dilakukan karena kemudahan akses data pada media sosial. Gopay menjadi objek penelitian karena merupakan penyedia layanan e-wallet yang penggunanya paling aktif. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha mengetahui promosi penjualan Gopay di Twitter dan mengetahui hasil analisis jaringan sosial Gopay berupa pemeran kunci penyebaran informasi tentang promosi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta metode quota sampling, sebab jumlah tweet, reply, retweet dan mention dibatasi hanya 800.000 tweet per jam menggunakan software RSstudio. Peneliti menggunakan teknik analisis data Social Network Analysis. Teknik ini akan memvisualisasikan jaringan dengan software Gephi dan menentukan peran kunci pada penyebaran informasi. Berdasarkan hasil uji analisis data analisis properti jaringan social, Gopay memiliki node dan edges yaitu 4.021 dan 2.358, hal ini mengindikasikan user yang membicarakan promosi penjualan Gopay kurang aktif dalam percakapan karena jumlah edges atau hubungan yang dimiliki jaringan kurang dari jumlah nodes, mengindikasikan tidak semua node (user) saling terhubung. Gopay memiliki diameter 14. Average Degree jaringan sosial Gopay yaitu 1.175, yang berarti satu node hanya memiliki rata ? rata keterhubungan dengan 1 node lain di dalam jaringan. Dan nilai Average Path Length yaitu 5.07 menunjukkan jarak tempuh informasi untuk mencapai node lain sebesar 5 hop.} }