@thesis{thesis, author={Hanny Ramadhani }, title ={Analisis klasifikasi massa batuan berdasarkan metode RMR pada pembangunan terowongan headrace tunnel PLTA Matenggeng, di daerah Mandapajaya, Jawa Barat}, year={2020}, url={http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/oai/../index.php/home/detail/detail_koleksi/0/SKR/judul/00000000000000034462}, abstract={Desain awal terowongan penghantar sangat penting untuk dibuat sebagaidasar perencanaan kontruksi terowongan headrace tunnel PLTA Penelitian inidilakukan berdasarkan pada metode empirik yaitu melakukan pendekatanmenggunakan klasifikasi massa batuan dan metode analitik yang mendasarkan padategangantegangan dan deformasi batuan Untuk menentukan klasifikasi massabatuan penulis menggunakan klasifikasi menurut Bieniawski 1989 sebagai sistemklasifikasi massa batuan untuk keteknikan sebagai metode untuk perencanaanpembangunan terowongan headrace tunnel PLTA Berdasarkan analisa yangdilakukan terdapat 1 jenis batuan yang dilalui jalur terowongan penghantar yaitubatu breksi vulkanik dengan nilai RMR berkisar 5065 yang termasuk kelas sedangbaikMemiliki jarak span 5 meter standup time berkisar 1 minggu6 bulanlamanya dengan metode penggalian yaitu full face method top heading and benchmethod Terowongan direkomendasikan untuk diberi penyangga sementara yaituberupa rockbolt sepanjang 34 meter dan tebal shotcrete berkisar 95129 cm} }