@thesis{thesis, author={Pratiwi Indy}, title ={Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin Melalui JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat) (Studi Pada Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi),}, year={2012}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100051/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan, dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo pada masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) serta kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya masalah mengenai pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) seperti masalah kurangnya tenaga medis yang ada di Puskesmas Sobo yaitu yang hanya 18 tenaga medis, sehingga dibutuhkan peran Dinas Kesehatan untuk ikut serta dalam menyediakan tenaga medis tambahan agar pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin dapat terlayani secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview (wawancara), dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan Peneliti Sendiri melalui pengamatan, pencatatan dan wawancara; pedoman wawancara; catatan lapangan serta data penunjang berupa dokumen-dokumen. Dengan teori pelayanan publik dan New Public Service dari Denhardt and Denhardt, dapat menganalisis permasalahan kualitas pelayanan kesehatan melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sobo Kabupaten Banyuwangi sesuai standar pelayanan publik pelayanan kesehatan yang berlaku di Puskesmas Sobo. Peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas Sobo ditunjukkan dengan banyaknya pasien yang merasa puas, contohnya banyaknya pasien yang cepat sembuh saat berobat di Puskesmas Sobo, karena kemampuan dan profesionalitas para tenaga medis yang semakin meningkat dan juga adanya obat generic yang berkualitas. Serta meningkatnya fasilitas di ruang tunggu di Puskesmas Sobo yang membuat pasien merasa nyaman. Saran yang diberikan adalah: sebaiknya dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, pihak Puskesmas ikut terlibat dalam upaya rehabilitative; Diharapkan pembinaan oleh Dinas Kesehatan dilakukan secara periodik dan berkesinambungan; Aparat pelaksana pelayanan dalam hal ini diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan melihat pasien dari sisi New Public Service.} }