@thesis{thesis, author={Wulan AsriningNdaruCahya}, title ={Pengaruh Diferensiasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada tamu yang pernah dua kali atau lebih menggunakan jasa Hotel The Graha Cakra Malang).}, year={2012}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100058/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel dalam diferensiasi pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui variabel diferensiasi pelayanan yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah tamu Hotel The Graha Cakra Malang yang pernah menggunakan jasa Hotel The Graha Cakra sebanyak 2 kali . Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 75 responden, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil perhitungan statistik analisis regresi berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 19,915, sedangkan F tabel pada taraf signifikan 0,05 menunjukan nilai sebesar 2,50. Hal tersebut menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel sehingga H o ditolak dan H a diterima, yang menunjukkan bahwa variabel bebas diferensiasi pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis juga diperoleh hasil Adj. R Square sebesar 0,506. Artinya bahwa 50,6% variabel kepuasan pelanggan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya. Hasil Uji t menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial pada setiap variable. Understanding Costumer Needs (X 1 ) dengan nilai t hitung = 3,516, dan sig. t = 0,001, Best Value Proposition (X 2 ) dengan nilai t hitung = 2,569 dan sig.t = 0,012, People Skill (X 3 ) dengan nilai t hitung = 3,344 dan sig.t = 0,001, Great Recovery Plan (X 4 ) dengan nilai t hitung = 2,316 dan sig.t = 0,023. Dari uraian tersebut menghasilkan keputusan H o ditolak dan H a diterima. Berdasarkan pada hasil koefisien B didapatkan bahwa variabel Understanding Costumer Needs (X 1 ) mempunyai nilai t hitung dan koefisien B yang paling besar. Yaitu t hitung sebesar 3,516 dan koefisien B =0,298. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Understanding Costumer Needs (X 1 ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel bebas terhadap variabel kepuasan pelanggan dapat diterima dan variabel Understanding Costumer Needs (X 1 ) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan atas diferensiasi pelayanan yang diberikan Hotel The Graha Cakra.} }