@thesis{thesis, author={Kusnaryati Riwin}, title ={Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Faktor Psikologis yang berdampak terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa yang Membeli Handphone BlackBerry Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fa}, year={2013}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100125/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara Ekuitas Merek terhadap Faktor Psikologis yang berdampak terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa yang Membeli Handphone BlackBerry Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jenis Penelitian dalam penelitian ini yaitu Eksplanatory research yaitu Riset yang bertujuan untuk mengembangkan hipotesis, serta menentukan variabel dan hubungan-hubungan antarvariabel untuk diuji lebih lanjut. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Analisis jalur (path analysis) dilakukan dengan menggunakan korelasi, regresi, dan jalur, sehingga dapat diketahui untuk sampai pada variabel dependen terakhir, harus lewat jalur langsung, atau melalui jalur tidak langsung yaitu melalui variabel antara (intervening).Variabel penelitian tersebut adalah sebagai berikut: Variabel Independen yaitu Ekuitas Merek (X), variabel Antara (Intervening) yaitu Faktor Psikologis (Y1) sedangkan variabel Dependen yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y2). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang Membeli Handphone BlackBerry Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, dengan sampel sebanyak 104 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis yang di dalamnya terdapat analisis regresi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ekuitas Merek (X) secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Faktor Psikologis (Y1) yang dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 69,931 dengan probabilitas Fhitung sebesar 0,000 (p<0,05). 2) Ekuitas Merek (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y2) dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 43,984 dengan probabilitas Fhitung sebesar 0,000 (p<0,05). 3).Variabel Faktor Psikologis (Y1) secara langsung mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y2) hal ini dibuktikan dengan besarnya koefisien path sebesar 0,286 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,003 (0,003<0,05). 4) Ekuitas Merek (X) secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan dengan variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y2) melalui variabel Faktor Psikologis (Y1) dengan pengaruh sebesar 0,182.} }