@thesis{thesis, author={Maulidiah Fariza}, title ={Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pemilik Sepeda Motor Merek Honda yang Memiliki Lebih dari Satu Unit yang Melakukan Service di Dealer MPM Motor Malang)}, year={2013}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100160/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan perusahaan di era globalisasi yang menuntut perusahaan untuk memenangkan persaingan, merebut pangsa pasar yang lebih besar serta mempertahankan eksistensi perusahaan. Persaingan tersebut telah menghasilkan fenomena persaingan produk dan merek yang ketat khususnya persaingan industri sepeda motor yang ada di Indonesia dengan berbagai merek. Merek harus memiliki ekuitas merek yang kuat sehingga semakin kuat ekuitas merek suatu produk, semakin kuat daya tariknya untuk menggiring konsumen mengkonsumsi produk tersebut, yang selanjutnya akan menciptakan pelanggan yang loyal yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dari waktu ke waktu untuk melakukan pembelian ulang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksplanatori ( explanatory research ) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian mengunakan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden yang merupakan pemilik dan memiliki lebih dari satu unit sepeda motor merek Honda yang melakukan service di dealer MPM motor Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan Uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa besarnya pengaruh dari ekuitas merek yang terdiri dari Kesadaran Merek (X 1 ), Loyalitas Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Asosiasi Merek (X 4 ) dan Aset Hak Milik Merek Yang Lain (X 5 ) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) adalah sebesar 0,647 yang dilihat dari nilai Adjusted R Square. Secara bersama-sama Kesadaran Merek (X 1 ), Loyalitas Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Asosiasi Merek (X 4 ) dan Aset Hak Milik Merek Yang Lain (X 5 ) berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), hal ini tunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial Kesadaran Merek (X 1 ), Loyalitas Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Asosiasi Merek (X 4 ) dan Aset Hak Milik Merek Yang Lain (X 5 ) berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), dengan Loyalitas Merek (X 2 ) sebagai variabel yang dominan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien beta yang menunjukkan nilai paling besar dibanding variabel bebas lainnya (koefisien beta sebesar 0,490). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel dari ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan variabel loyalitas merek merupakan variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan sepeda motor merek Honda yang melakukan service di dealer MPM motor Malang.} }