@thesis{thesis, author={Rofiq Abdul}, title ={Pengaruh Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Kartu Perdana IM3 di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawija}, year={2013}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/100162/}, abstract={Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Pesatnya perkembangan tersebut juga diiringi dengan semakin banyaknya provider-provider yang bermunculan di Indonesia. Provider-provider tersebut juga semakin banyak mengeluarkan jenis operator yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi seluler. Perkembangan provider ini pada beberapa tahun akhir ini sangat pesat di semua wilayah baik di perkotaan sampai pelosok pedesaan. IM3 adalah salah satu jenis dari penyedia layanan yang dikeluarkan dari salah satu provider ternama di Indonesia (PT. Indosat, Tbk.). Melihat perkembangan banyaknya perusahaan provider dan fenomena-fenomena pembelian provider tersebut yang mana segmen pasar dari produk Indosat yaitu IM3 tidak hanya kalangan anak muda saja namun umum. Strategi AIDA ( Attention , Interest , Desire , Action ) ini yang pasti guna memperoleh konsumen atau pelanggan dalam produknya. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh AIDA yang terdiri dari attention , interest , desire , dan action ini terhadap keputusan pembelian pada produk Indosat IM3. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 100 responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2012. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 19.0 for windows. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda digunakan karena penelitian ini lebih dari dua variabel, dengan menggunakan uji F, uji t, dan uji R 2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat variabel AIDA yaitu Attention , Interest , Desire , dan Action secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Indosat IM3. Dari perhitungan SPSS 19.0 untuk uji F diketahui bahwa F hitung = 27,427 > F tabel 2.004992 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Secara parsial diketahui hanya variabel Action yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain uji F dan uji t, uji R 2 diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,516 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel depanden sebesar 5,16%} }