@thesis{thesis, author={Andrian Muhammad Rizal}, title ={Analisis Strategi Pemasaran pada Resto Soima dengan Pendekatan Bauran Pemasaran}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9494/}, abstract={Resto Soima merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang food and berverage yang didirikan sejak Febuari 2017 di Kota Malang. Malang dikenal sebagai kota pendidikan, kota pelajar, kota wisata yg perkembangannya cukup pesat. Ikon ini menjadi salah satu pendukung bagi pengusaha untuk membuka usahanya di Malang. Bisnis yang berkembang di kota ini sangat beragam, salah satunya adalah bisnis kuliner. Akibat bisnis kuliner yang berkembang pesat dan ketatnya persaingan, perusahaan mengalami penurunan pendapatan. Untuk memperoleh pendapatan yang maksimal maka perlu dilakukan peningkatan strategi pemasaran. Dengan melihat banyaknya pesaing hal ini dilakukan untuk merebut posisi market leader. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT dengan pendekatan bauran pemasaran untuk merumuskan serta menentukan dari evaluasi internal dan lingkungan mikro untuk evaluasi eksternal perusahaan. Kemudian dilakukan pengambilan data dari riset kepustakaan dan riset lapangan Resto Soima. Dalam penelitian ini, kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan secara tertulis kepada 40 responden yang merupakan konsumen dan 1 responden yang mempunyai pengaruh besar di Resto Soima serta mengenal kondisi lingkungan yang terjadi pada perusahaan, untuk mengetahui faktor internal kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses) dan faktor ekstenal peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) yang dimiliki perusahaan. Hasil penelitian pada Resto Soima didapatkan skor x bobot untuk masing masing faktor yaitu 3,975 untuk evaluasi internal dan 3,514 untuk evaluasi eksternal. Perbandingan nilai dan pembobotan dari masing-masing faktor diketahui bahwa skor x bobot dari Evaluasi Internal > Evaluasi Eksternal yaitu : IFE (3,975) > EFE (3,514). Dengan demikian hubungan antar Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE) dengan analisis SWOT adalah dapat menganalisis dan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal secara sistematis, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman dari lingkungannya. Rekomendasi yang bisa diusulkan adalah memiliki resep yang paten pada setiap menu dan memantau harga competitor lain untuk mengantisipasi jika terjadi kenaikan harga bahan, harga menu tetap bersaing, menyebarkan iklan secara langsung maupun melalui internet, dengan mencantumkan ciri khas dan varian menu yang dimiliki, memasang informasi mengenai alur pemesanan dan pembayaran di depann restaurant agar customer merasa lebih mudah dalam melakukan pemesanan makanan, dan lain-lain.} }