@thesis{thesis, author={Amurwani Amalia Ishthafah}, title ={Analisis Determinan Faktor-Faktor Penentu Keputusan Untuk Melakukan Business Exit Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Survei Pada Pemilik UKM di Kota Surabaya)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9522/}, abstract={Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya pemahaman Business Exit bagi entrepreneur atau pemilik usaha, karena banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi pemilik usaha apabila mereka memahami pentingnya exit sebagai bagian dari entrepreneurial cycle dan berbagai macam rute exit yang dapat diambil sesuai dengan strategi dan kebutuhan masing-masing. Business Exit sendiri diartikan sebagai keputusan entrepreneur untuk meninggalkan usahanya, dengan memanfaatkan value atau nilai guna atas investasi mereka terhadap usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemilik usaha, demografi, dan persepsi pemilik usaha terhadap Business Exit, dan untuk menjelaskan faktor-faktor penentu keputusan untuk melakukan Business Exit pada usaha kecil menengah (UKM) di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode exploratory dengan pendekatan kuantitatif untuk mengeksplor studi dan konsep terkait Business Exit yang masih jarang diteliti di Indonesia. Pemilihan Confirmatory Factor Analysis sebagai metode analisis data juga dilakukan untuk mengkonfirmasi konstruk variabel yang sudah pernah diteliti sebelumnya. Hasil penelitian dengan analisis faktor mengkonfirmasi bahwa faktor-faktor penentu keputusan untuk melakukan Business Exit pada pemilik UKM di Kota Surabaya terdiri dari tiga variabel yang membentuk delapan faktor / indikator. Variabel pertama, firm performance membentuk tiga faktor, yaitu size growth, sales growth dan profit growth. Variabel kedua, motivasi membentuk tiga faktor, yaitu necessity of income, additional income, dan wealth for profit. Variabel ketiga, exit intention membentuk dua faktor, yaitu frequencies of thoughts dan intention to exit. Konsep Theory of Planned Behavior (TPB) juga menjadi salah satu faktor penentu keputusan / intensi pemilik UKM di Kota Surabaya untuk exit. Konsep TPB membentuk tiga faktor, yaitu attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control.} }