@thesis{thesis, author={Wirawan Pandu Arya}, title ={Inovasi Pengembangan Wisata Kota Batu Melalui City Branding “SHINING BATU” (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu)}, year={2017}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9545/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) inovasi pengembangan wisata Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam inovasi pengembangan wisata Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Miles dan Huberman (2014) yang meliputi: (1) pengumpulan data (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konsep inovasi City Branding Shining Batu lebih menggambarkan Kota Batu dan mengenalkan kepada wisatawan bahwa Kota Batu ini memiliki pariwisata yang edukatif dimana pariwisata digabungkan dengan pendidikan dan pertanian, (2) wisata di Kota Batu memiliki karakteristik yang sesuai dengan dengan City Branding Shining Batu yang digagas oleh pemerintah Kota Batu memiliki tiga aspek atau karakter yang meliputi pendidikan, pariwisata, dan pertanian. (3) City Branding Shining Batu ini berada pada inovasi dalam strategi atau kebijakan mengacu pada visi dan misi Kota Batu. Kemajuan teknologi juga mendorong pemerintah Kota Batu untuk membuat aplikasi Shining Batu, dimana aplikasi ini memberikan informasi terkait Kota Batu seperti wisata, penginapan, dan kuliner. Rekomendasi yang dapat peneliti ajukan terhadap Pemerintah Kota Batu serta pihak yang memiliki kewenangan utamanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, sebaiknya meningkatkan promosi City branding Shining Batu dengan menggunakan cara-cara yang baru dan kreatif serta meminimalisir hambatan yang ada. Hal ini bertujuan agar kota Batu lebih terkenal dan daya tarik wisata akan lebih meningkat tiap tahunnya.} }