@thesis{thesis, author={Arifina Christin Desi}, title ={Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dokumen Kependudukan (Studi pada Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9643/}, abstract={Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan mengenai penyelenggaraan pelayanan publik dokumen kependudukan. Permasalahan tersebut yakni tidak tercapainya target Dinas Kependudukan dan jauhnya jangkauan wilayah. Kinerja Dinas Kependudukan perlu dioptimalkan guna mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada dua hal: pertama, penyelenggaraan pelayan publik dengan menggunakan lima hal yang efektif meliputi pemberi layanan, sarana prasarana, pola pelayanan, pelaksanaan pelayanan serta syarat dan prosedur pelayanan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model milles, huberman dan saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan kependudukan sudah berjalan cukup baik. Dari beberapa upaya sepeti petugas layanan, sarana prasarana, pola pelayanan, pelaksanaan layanan serta syarat dan prosedur pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sudah baik. Hanya saja masih terdapat kendala. Salah satunya masih kurangnya komunikasi yang terjalin antara pihak dinas dengan masyarakat. Beberapa masyarakat kurang memahami syarat dan prosedur pengajuan dokumen kependudukan. Saran penelitian ini adalah tetap melakukan sosialisasi, memaksimalkan program dan penambahan sarana prasarana untuk menjangkau masyarakat yang jauh guna memaksilkan program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.} }