@thesis{thesis, author={Puspita Damara Debrina}, title ={Pengaruh Penerapan Pajak Pemjualan Barang Mewah Atas Smartphone Terhadap Perilaku Konsumen (Survei pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9645/}, abstract={Indonesia sedang dalam tahap pembangunan diberbagai jenis infrastruktur. Pemerintah Indonesia sedang gencar mencari sumber pendapatan Negara melalui berbagai cara seperti hutang dan tentunya pajak, seperti Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Pengenaan PPnBM diharapkan dapat mengurangi pola konsumsi tinggi yang tidak produktif dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan PPnBM atas smartphone dan perilaku konsumen. Menjelaskan secara parsial pengaruh penerapan PPnBM atas smartphone terhadap perilaku konsumen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya berdasarkan kriteria. Sumber data primer yang digunakan adalah data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Sumber data sekunder yang digunakan berasal artikel, internet, jurnal dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 13.0. Berdasarkan hasil analisis deskriptif rata-rata variabel X sebesar 3,98 menunjukkan responden setuju terhadap penerapan PPnBM atas smartphone dan rata-rata variabel Y sebesar 3,92 menunjukkan setuju terhadap perilaku konsumen. Berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier sederhana, dapat diperoleh Penerapan PPnBM atas smartphone mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Maka pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh Penerapan PPnBM atas smartphone terhadap variabel Perilaku Konsumen dapat diterima. Berikut ini saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak lain. Mengingat variabel bebas dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi Perilaku Konsumen diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.} }