@thesis{thesis, author={Synathra Victor}, title ={Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9665/}, abstract={Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah dan dampaknya pada Loyalitas Nasabah pada nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang. Latar belakang dari dilakukan penelitian ini adalah melihat betapa besar persaingan dalam dunia perbankan sehingga setiap bank harus mampu untuk menciptakan strategi untuk memberikan kepuasan dan untuk membuat nasabah menjadi loyal terhadap bank tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing antara bank yang lain, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi relationship marketing terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya pada loyalitas nasabah bank tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 116 responden yaitu nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang yang berusia minimal 20 tahun, memiliki buku tabungan Bank Central Asia, dan telah menjadi nasabah Bank Central Asia minimal 2 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap Kepuasan Nasabah (Z) memiliki nilai koefisien beta sebesar 65,7% dan probabilitas sebesar 0,000 (<0,05) . Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Nasabah (Z) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar 37,8% dan probabilitas sebesar 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar 41,4% dan nilai probabilitas 0,000 (<0,05).} }