@thesis{thesis, author={Jeremian Januard}, title ={Efektivitas Pasal 107 Ayat (2) Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (Studi Di Kota Malang)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9674/}, abstract={Pada penelitian ini penulis membahas mengenai Efektivitas Pasal 107 ayat (2) Undang - Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan terkait kewajiban menyalakan lampu utama pada siang hari atau Daytime Running Light (DRL) bagi pengendara sepeda motor di Kota Malang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pasal 107 ayat (2) Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis dan menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian ini ialah penerapan pasal 107 ayat (2) Undang - Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan di Kota Malang tidak berjalan efektif dikarenakan faktor masyarakat yang tidak memenuhi syarat efektifnya suatu peraturan, yaitu masyarakat mematuhi pasal tersebut bukan karena kesadarannya atau demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain di jalan, melainkan karena takut diberi sanksi. Faktor lainnya yang membuat aturan ini tidak efektif adalah faktor pengak hukum yang tidak tegas dalam menindak para pelanggar aturan ini. Faktor berikutnya yang menyebabkan aturan ini tidak efektif ialah aturan hukum itu sendiri yang dianggap tidak tepat untuk di terapkan di Indonesia. Saran yang dapat diberikan oleh penulis melalui penelitian ini yakni, agar melakukan penjelasan lebih lanjut dalam pasal 107 ayat (2) Undang - Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengenai kondisi tertentu pada siang hari seperti apakah sehingga mewajibkan pengendara sepeda motor menyalakan lampu utama.} }