@thesis{thesis, author={Ramdhani Alfathir Zufrino}, title ={Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Di Kabupaten Gresik}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9701/}, abstract={Penelitian dilakukan berdasarkan Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Berdasarkan permasalahan kependudukan yang terjadi, pemerintah berusaha memperoleh data tentang kependudukan di Indonesia yang akurat untuk membuat pemetaan yang tepat, guna menanggulangi masalah kependudukan di tingkat nasional maupun lokal. Dimana administrasi kependudukan juga sangat berpengaruh pada pembangunan suatu daerah. Dengan banyaknya permasalahan tentang masalah kependudukan akhirnya pemerintah membuat kebijakan baru untuk menanggulangi masalah administrasi kependudukan yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Kabupaten Gresik adalah salah satu daerah yang menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Permasalahan yang dihadapi Kabupaten Gresik adalah Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Ditinjau dari permasalahan yang dihadapi maka teori yang sesuai adalah kualitas pelayanan menurut Tjiptono dalam Hardiansyah (2011:148). Selain itu juga menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang standar pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) dokumen. Analisis permasalahan pada penelitian ini berdasarkan model interaktif (Miles, Huberman, dan Saldana, 2014:14) yang meliputi: (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Gresik adalah Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Kualitas Pelayanan suatu instansi ditentukan melalui beberapa aspek yaitu prosedur pelayanan, ketepatan waktu, kejelasan biaya, kompetensi petugas, dan sarana prasarana. Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi di Kabupaten Gresik bisa dikatakan cukup baik, tetapi msih ada beberapa sektor yang harus diperbaiki, yaitu di sektor ketepatan waktu, kompetensi petugas, dan sarana prasarana karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik kepada masyarakat. Peniliti memberikan saran berupa pengembangan di sektor sarana prasarana, karena hal ini berpengaruh pada kualitas pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan yang didapat oleh masyarakat ketika menggunakan layanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik.} }