@thesis{thesis, author={Saka Lillah Wangsa Purnomo}, title ={Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Paket Hemat (PAHE) Dalam Penerbitan Akta Kelahiran (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya)}, year={2018}, url={http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9740/}, abstract={Kota Surabaya masih mengalami banyak masalah yang menimpa masyarakat mengenai pelayanan umum, misalnya pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, surat-surat pengantar untuk diajukan ke instansi yang lebih tinggi, dan sebagainya. Masalah timbul dari masyarakat yang tidak merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, dan beberapa faktor internal pada kinerja pelayan publik, kecamatan sebagai instansi tingkat pemerintahan yang berwenang baik dalam masalah pelayanannya seperti berapa lama pembuatan, kinerja pelayananya ataupun mengenai biaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Surabaya, sedangkan situsnya berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mempunyai inovasi terbaru dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Surabaya yaitu program paket hemat atau PAHE. Program paket hemat atau PAHE merupakan program kepengurusan administrasi kependudukan pada pengurusan akta kelahiran. Perencanaan paket hemat adalah untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pelaksanaan pelayanan administrasi melalui program paket hemat atau PAHE sudah berjalan cukup baik dan dilaksanakan secara kondisional sesuai dengan kebutuhan masyarakat sewaktu-waktu. Tahap evaluasi yang dilakukan adalah dengan melakukan pemantauan setiap tiga bulan sekali dan pelaporan kinerja. Faktor pendukung dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui program paket hemat atau PAHE adalah adanya landasan hukum yang jelas dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang koordinasi antar aktor-aktor pelaksana program paket hemat dan kesadaran masyarakat.} }