@thesis{thesis, author={Idris Iswadi}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-WUSTHO DASAN TAPEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://repository.ugr.ac.id:1015/1137/}, abstract={Pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar ekonomi di Madrasah Aliyah Al – Wustho Dasan Tapen pada materi persamaan akuntansi, skripsi prodi ekonomi akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas gunung Rinjani (UGR) juni 2013. Berdasarkan hasil observasi dengan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Alwustho Dasan Tapen diketahui siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran ekonomi, Untuk mengatasinya peneliti menggunakan metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengetahui pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar ekonomi pada materi persamaan akuntansi siswa dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah aliyah Al - Wustho sebanyak 31 siswa yang terbagi menjadi dalam 2 (dua) kelas. Dan yang menjadi sampel adalah kelas XI-B sebagai kelas ekperiment dengan menggunakan metode resitasi dan kelas XI-A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Perbedaan perlakuan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol menyebabkan perbedaan hasil belajar ekonomi pada materi persamaan akuntansi , untuk kelas eksperimen peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Adapun indikator keberhasilan adalah nilai hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai rata – ratalebih besar 78,25. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperiment instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa free test dan post tes. Berdasarkan nilai rata – rata siswa kelas eksperimen 7,25 dan kelas kontrol 61,4.Dari data nilai rata dapat diperoleh uji normalitas data klas eksperimen dengan nilai X 1 hitung = -1,2 < nilai X1 tabel = 9,49 (dengan derajat kebebasan 4 dan interval kepercayaan 99%), uji normalitas data kelas kontrol dengan nilai X2 hitung = 0,7 < nilai X2 tabel = 9,49 (dengan derajat kebebasan 4 dan interval kepercayaan 99%), ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari kelas ekperimen dan kelas kontrol tersebar dalam distribusi normal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t (ttes) pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebaan = 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode resitasi dan metode ceramah memiliki perbedaan, di mana siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode resitasi memiliki nilai rata-rata kelas (78,25) lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas siswa yang diajarkan dengan mengganakan metode ceramah (61,4). Hasil uji signifikan menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar (7,2) sedangkan t tabel sebesar (2,46), atau thitung > ttabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan metode resitasi dan metode ceramah pada materi persamaan akuntansi klas XI di Madrasah Aliyah Al – Wustho Dasan Tapen Tahun pelajaran 2012/2013.} }