@thesis{thesis, author={Wardiantono Wardiantono}, title ={PENGARUH PENGHARGAAN DAN HUKUMAN TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI SMP AL-MA’ARIF KARANG BARU TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://repository.ugr.ac.id:1015/1155/}, abstract={Penghargaan merupakan alat pendidikan yang represif yang bersifat positf. Tetapi di samping fungsinya sebagai alat pendidikan represif positif ini, penghargaan juga merupakan alat motivasi. Yaitu alat yang bisa menimbulkan motivasi instrinsik. Penghargaan dapat menjadikan pendorong bagi anak untuk belajar lebih baik dan lebih giat lagi. Sedangkan hukuman merupakan alat pendidikan yang tidak menyenangkan, alat pendidikan yang bersifat negatif, namun demikian dapat juga menjadi alat motivasi, alat pendorong untuk mempergiat belajarnya murid. Dengan demikian, hukuman, ditinjau dari segi fungsinya sebagai alat pendidikan dan alat motivasi keduanya memiliki nilai positif terhadap proses pelaksanaan pendidikan yang dapat meningkatkan kepribadian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penghargaan dan hukuman terhadap kepribadian siswa kelas VII di SMP Al-Ma’arif Karang Baru. Pada penelitian ini, peneliti menjadikan seluruh siswa kelas VII sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 30 siswa dan peneliti menggunakan Regresi dan Uji-F untuk menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh penghargaan dan hukuman terhadap kepribadian siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis bahwa F-hitung > F-tabel yaitu 10,69 > 3,34 dan hasil analisis didapatkan bahwa nilai koefisien determinasi (R 2 ) adalah 0,442. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penghargaan dan hukuman terhadap kepribadian siswa dengan pengaruh sebesar 44,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh sebab-sebab lain.} }